Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Bupati Mathius Kembali Raih Penghargaan Sindo Government Award 2018

0 3.919

Sentani (Sentani News) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, kembali menerima penghargaan Sindo Government Award 2018 dari Majalah Sindo Weekly. Penghargaan ini merupakan yang kesekian kalinya diraih oleh bupati dua periode di Bumi Khenambay Umbay ini dari Majalah Sindo Weekly.

Kali ini ia memperoleh penghargaan dalam kategori perempuan dan anak. Prestasi ini ia peroleh lantaran daerah yang dipimpinnya berhasil dalam melakukan inovasi-inovasi baru yang melaksanakan pemberdayaan perempuan dan juga perlindungan anak.

Inovasi-inovsi baru itu pihaknya memperkenalkan mengenai Gerakan Jayapura menuju Jayapura Layak Anak atau Jayapura Ramah Anak, dengan mencanangkan Kabupaten Jayapura menuju Kabupaten Layak Anak yang dimulai dari Kampung Ramah Anak.

Penghargaan itu membuat Mathius Awoitauw termotivasi untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) Jayapura yang handal di Provinsi Papua.

Puji Tuhan lah yang pasti. Artinya Kabupaten Jayapura selalu inovatif dan memang yang kita tawarkan sekarang, yang kita perkenalkan adalah gerakan Jayapura menuju Jayapura Layak Anak atau Jayapura Ramah Anak, ujar Bupati Mathius dalam rilisnya yang dikirim ke PapuaSatu.com melalui pesan elektronik usia menerima penghargaan di Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (5/4/2018) malam lalu.

Sumber daya manusia yang sesuai dengan RPJP dan juga RPJMD Kabupaten Jayapura, yang sekarang kita bicara mengenai Jayapura yang berkualitas itu kita terus akan berjuang untuk mewujudkan itu, sambungnya.

Mathius mengungkapkan, inovasi-inovasi baru ini berawal dari gerakan Jayapura menuju Jayapura Layak Anak yang diperkenalkan pihaknya. Inovasi itu harus dimulai dari, bagaimana pendidikan di usia dini dan pihaknya telah canangkan sebagai gerakan Jayapura menuju Jayapura Layak Anak atau Jayapura Ramah Anak.

Baca juga

Gerakan itu akan terus kita lakukan. Kita sekarang memberikan perhatian penuh untuk pendidikan dasar, dengan 327 tenaga guru kontrak yang sementara sedang berlangsung untuk mempercepat Jayapura yang cerdas dan itu sudah terlihat hasilnya sangat luar biasa, ucapnya.

Penghargaan ini, lanjut Mathius, adalah salah satu penilaian dari inovasi tersebut, bahwa ada perubahan yang luar biasa dengan guru-guru kontrak yang sekian banyak itu yang dalam dua atau tiga tahun terakhir ini pihaknya melakukan hal itu (kontrak).

Selain itu, kata Mathius, kerjasama dengan beberapa NGO yang sudah beberapa kali dilakukan promosinya di Jakarta dengan berbagai perusahaan-perusahaan besar. Dan sekarang ada sejumlah perusahaan juga turun langsung ke Jayapura, guna memberikan dukungan CSR-nya di berbagai sekolah. Saya pikir inovasi-inovasi ini yang dinilai oleh Sindo Group. Artinya, bahwa soal sumber daya manusia itu penting untuk kemajuan suatu daerah maupun suatu bangsa, jelasnya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Sindo Weekly, Nevy Hetharia menyebutkan, bahwa pihaknya memberikan penghargaan kepada kepala daerah, mulai tingkat kota, kabupaten dan provinsi pada sejumlah kategori. Mulai bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, investasi, layanan publik, pariwisata, e-government dan lain-lain.

Sejak kali pertama digeber edisi tahun 2014 lalu, Sindo Weekly telah menyematkan 158 penghargaan kepada gubernur, wali kota dan bupati di ajang Government Award (GA). Nah, tahun ini, sebanyak 36 penghargaan diberikan kepada para pimpinan daerah. Dengan begitu, total penghargaan GA telah mencapai 174 penghargaan, ujarnya.

Penilaian terhadap kepala daerah berprestasi dan inspiratif dilakukan tim Redaksi Sindo Weekly bersama beberapa pihak. Metode penilaian diawali melalui riset berbagai referensi, kemudian tim redaksi menentukan tiga nominator pemenang untuk masing-masing kategori. Setiap nominator diminta mengirimkan data-data mengenai keistimewaan sesuai kategori ditetapkan.

Selanjutnya, melakukan observasi ke sejumlah daerah nominator pemenang. Observasi meliputi wawancara tatap muka dengan akademisi, masyarakat dan juga kepala daerah. Hasil obversasi kemudian didiskusikan bersama ketua tim juri sebagai rujukan untuk menentukan pemenang, ulasnya.

Untuk diketahui penghargaan itu diberikan oleh Chairman MNC Group Harry Tanoesoedibjo bersama Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo, di Ballroom Pullman Hotel, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (5/4) malam lalu. Mathius Awoitauw dinilai mampu berinovasi dalam memberdayakan perempuan dan juga perlindungan anak di Kabupaten Jayapura. [tyi/loy]

Lainnya

Advertisement

Langganan Newsletter
Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, update dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke inbox Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja