Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

DPRD Tunggu SK Pengangkatan Kepala Daerah Terpilih

0 1.540

Sentani (Sentani News) – Dewan perwakilan rakyat daerah,( DPRD) Kabupaten Jayapura saat ini masih menunggu keputusan soal SK pengangkatan kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten Jayapura periode 2017-2022.

Wakil ketua II DPRD Jayapura, Korneles Yanuaring mengatakan, setelah DPRD Jayapura mengusulkan kepala dan wakil kepala daerah terpilih kepada Mendagri melalui Gubernur beberapa waktu lalu.

Berdasarkan laporan staf, sambungnya Gubernur sudah menandatanganinya usulan ke Mendagri. Sebelum diusulkan, Sekretarian dewan telah melengkapi 13 persyaratan itu kemudian dikirimkan ke Gubernur lalu ditindak lanjuti Ke Mendagri dalam hal ini Direktorat otonomi daerah sehingga kini berada di Dirjen Otonomi daerah, katanya, Rabu (15/11).

Korneles mengatakan, Yang jelas surat itu berlalu dengan waktu 10 hari artinya,sejak diusulkan Mendagri sudah menerbitkan SK pelantikan kepala daerah definitif. Pengusulan tanggal 13 November 2017 lalu dan batasnya tanggal 23 November 2017 nanti. Jadi, sebelum batas habis, SK Pelantikan harus sudah dikeluarkan Mendagri.

Baca juga

“Bila SK keluar maka DPRD Jayapura menjadwalkan sidang paripurna istimewa berdasarkan waktu dari Mendagri mengenai waktu pelantikan. Itu prosedurnya,” katanya.

Korneles mengungkapkan, pilkada Kabupaten Jayapura mengenai sengketa sudah selesai. Yang sekarang menjadi masalah adalah gugatan perdata SK bawaslu RI ke PTUN dan itu tak berpengaruh terhadap hasil pemungutan suara.

“Kalau pemungutan suara sudah final di MK dan dianggap sudah clear,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Soal ketidakhadirannya pada sidang penetapan bupati dan wakil bupati terpilih pada sidang istimewa beberapa waktu lalu dinilai lumrah namun bagaimana keputusan pilkada sudah final sebab itu sudah final dan mau digugat bagaimana dan kapanpun itu tetap keputusan telah mengikat.[vito]

Lainnya

Advertisement

Langganan Newsletter
Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, update dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke inbox Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja