Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Hari Pahlawan Nasional: Yonif 310/KK, Peringati dengan Cara Berbeda

0 1.050

Sentaninews.com, ASIKIE – Peringati Hari Pahlawan yang ke-71, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 310/KK lakukan cara yang berbeda yaitu dengan senam sehat dan Botram.

“Dengan menyalakan semangat dan jiwa kepahlawanan anak-anak sekolah se Kampung Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Satgas Yonif 310/KK melaksanakan kegiatan senam sehat bersama dan Botram (makan bersama),” kata Dansatgas Yonif 310/KK, Letkol Inf Cecep Kurniyawan, S.A.P seperti rilis yang diterima Sentani News melalui pesan singkat.

Baca juga: Semarak Hari Pahlawan Nasional di Perbatasan RI-PNG, Tunjukan Nasionalisme Warga

Menurut Cecep, kegiatan ini sendiri berlangsung di dua tempat berbeda secara bersamaan. Untuk kegiatan senam sehat bersama dilaksanakan di lapangan futsal Asiki, sedangkan untuk kegiatan Botram (makan bersama) dilaksanakan di Pos Kotis Asiki.

Hari Pahlawan Nasional: Yonif 310/KK, Peringati dengan Cara Berbeda
Pasiter Satgas Yonif 310/KK, Kapten Infantri Usman, saat memberikan arahan sebelum memulai Senam bersama

Kegiatan senam sendiri diikuti oleh sekitar 400 siswa-siswi SMA, SMP dan SD sekampung Asikie yang dipimpin langsung oleh Pasiter Satgas Yonif 310/KK, Kapten Infantri Usman.

Pasiter Satgas Yonif 310/KK, Kapten Infantri Usman

“bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan kalian sebagai generasi penerus bangsa ini” kata Kapten Usman dalam arahannya sebelum memuali senam.

Hari Pahlawan Nasional: Yonif 310/KK, Peringati dengan Cara Berbeda

Baca juga

Advertisement

Sementara itu di Pos Kotis acara Botram atau makan bersama dalam peringatan Hari Pahlawan juga cukup meriah. SD Inpres Asiki sebagai perwakilan seluruh sekolah yang ada di Kampung Asiki hadir dalam acara tersebut.

Hari Pahlawan Nasional: Yonif 310/KK, Peringati dengan Cara Berbeda
Botram atau makan bersama seluruh anak-anak sekolah di Asikie, Boven Digoel

“Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang mutlak dengan tidak mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara”, ucapnya sebelum botram dimulai.

Dijelaskan ini bukan hanya sekedar acara makan, melainkan juga pemberian wawasan kebangsaan dan menanamkan sifat nasionalisme yang tinggi.

“Dalam sela-sela kegiatan (botram) tersebut diberikan juga Wawasan Kebangsaan kepada anak-anak sekolah yang hadir saat itu.,” terangnya.

Menurutnya, melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 yang dilaksanakan dengan kegiatan senam bersama dan Botram ini kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya yaitu dengan meningkatkan rasa pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para pahlawan Bangsa.

Ditempat yang sama, Kepala sekolah SD Inpres Asiki, Ibu Carlota Kambandum, S.Pd memberikan apresiasi kepada para Satgas yang telah menggagas kegiatan ini yang bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional.

“kami sangat senang melaksanakan kegiatan ini bersama-sama dengan Bapak-bapak Satgas Yonif 310/KK, walaupun acara yang dilaksanakan cukup sederhana, tetapi disanalah letak kebersamaan kita, kami berdoa semoga kami bisa mendidik anak-anak kami dengan baik, sehingga kelak bisa menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa”, ucapnya.

(Aya)

Lainnya

Advertisement

Langganan Newsletter
Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, update dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke inbox Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja