Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Hari Pahlawan: Lantamal X, “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”

0 1.193

Sentaninews.com, JAYAPURA – Dengan Tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” Peringatan Hari Pahlawan, Lantamal X gelar upacara di Lapangan Apel Mako Lantamal X Jayapura yang dipimpin oleh Asrena Danlantamal X Letkol Laut (P) Rubiantoro Murniawan, mewakili Komandan Lantamal X Laksma TNI I N.G. Sudihartawan, S. Pi., M.M, Jumat 10/11.

Baca: Semarak Hari Pahlawan Nasional di Perbatasan RI-PNG, Tunjukan Nasionalisme Warga

Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Asrena dari Mentri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, peringatan Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November merupakan cara untuk mengenang para pahlawan pendahulu sekaligus menghayati dan mengamalkan cara perjuangan mereka.

“Setiap tanggal 10 November kita seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, yang sederajat dengan bangsa lain, yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.”

Ditambahkan, Para pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada kita bahwa setelah kemerdekaan diraih maka tahapan selanjutnya kita harus bersatu untuk bisa memasuki tahapan bernegara yakni berdaulat, adil dan makmur.

Oleh karena pesan fundamental itulah maka peringatan hari Pahlawan 10 November 2017 ini kita mengambil tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.

Republik Indonesia yang berdiri atas berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa ini dapat terus kita nikmati kemerdekaannya karena para pahlawan pendahulu kita mengajarkan kepada kita keteladanan akan rela berkorban.

Baca juga

Advertisement

Baca juga: Hari Pahlawan Nasional: Yonif 310/KK, Peringati dengan Cara Berbeda

Bahwa kehidupan bernegara Republik Indonesia ini hanya bisa terwujud dan menjadi lebih baik dan maju kalau kita semua mau berkorban, mau memberi dan mau mengabdikan hidup untuk merawatnya.

Pada dasarnya setiap warga bangsa menyadari bahwa kita semua mewarisi sebuah konsepsi, sebuah etos, sebuah niat dan tindak perilaku kepahlawanan yang tinggi dan luar biasa.

Inilah saatnya kita menuntaskan perjuangan membangun bangsa dengan sikap mental yang positif dan konstruktif yaitu membangun sebuah bangsa yang merdeka, maju, bersatu, berdaulat dan terbuka.

Hanya dengan revolusi mental yang positif, optimis dan sadar riwayat kita sebagai bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat dan terbuka.

Di akhir amanatnya beliau mengatakan pada kesempatan yang baik ini, kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, lingkungan, masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.

[Aya]

Lainnya

Advertisement

Langganan Newsletter
Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, update dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke inbox Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja