Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Satgas 432 Beri Layanan Medis Sekaligus Sosialisai Mata Uang Rupiah di Perbatasan RI-PNG

0 1.304

Sentaninews.com, KEEROM – Satgas Yonif 432 bekerjasama dengan Bank Indonesia gelar kegiatan sosialisasi penggunaan mata uang rupiah kepada warga masyarakat perbatasan di Kampung Kibay, Sabtu 11/11.

Selain sosialisai tentang mata uang rupiah, tim kesehatan Satgas Pamtas ini juga mengadakan layanan kesehatan masal gratis sesui rencana sebelum hari pahlawan kemarin.

Baca: Semarak Hari Pahlawan di Perbatasan RI-PNG, Tunjukan Nasionalisme Warga

“Kegiatan berlangsung hari ini dimaksudkan dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November dan tentunya juga untuk memenuhi salah satu hak dasar warga binaan dalam masyarakat kita di perbatasan RI-PNG ini, dikarenakan minimnya tenaga medis dan obat obatan di Kampung ini dengan jumlah warga binaan masyarakat (WBM) sebanyak 300 kk menjadi perhatian khusus bagi Satgas,” kata Dansatgas Letkol Inf Ahmad Daud.

Pengobatan massal gratis di perbatasan RI-PNG, Kampung Kibay, Keerom
Pengobatan massal gratis di perbatasan RI-PNG, Kampung Kibay, Keerom. FOTO: Dok. Satgas Pamtas

Baca Juga: Sambut Hari Pahlawan, Satgas 410/Alugoro Gelar Pengobatan Massal

Ditambahkan, selain sosialisasi dan layanan kesehatan kami juga memberikan sesi tanya jawab kepada masayarakat serta tokoh adat setempat terkait keluhan apa saja di kampung Kibay.

“Kami mengemban tugas sebagai Satgas Pamtas di wilayah perbatasan ini sudah berjalan hampir tujuh bulan dan kami datang pada kesempatan ini untuk bisa memberikan bantuan kesehatan bagi masyarakat perbatasan khususnya masyarakat kibay dimana nanti para warga bisa memeriksakan kesehatanya dan sekalian berkonsultasi langsung untuk putra putrinya yang sakit dan bisa segera mendapatkan obat obatan yang dibutuhkan apabila mengalami keluhan kesehatanya”. terang Daud.

Sambil melakukan layanan pengobatan tim kesehatan juga memberikan penyuluhan tentang bahayanya penyakit HIV/AIDS  serta bahaya Narkoba yang dibawakan oleh Tim Kesehatan Satgas Ltd Ckm dr. Aikardi.

Pengobatan massal gratis di perbatasan RI-PNG, Kampung Kibay, Keerom
Foto: Dok. Satgas Pamtas

Baca juga: Perjuangan Patroli Kesehatan TNI di Kampung yang Sulit Dijangkau

Baca juga

Sementara itu dalam sossialisasi mata uang rupiah, Dansatgas mengatakan bahwa sekalipun kita di perbatasan namun kita adalah warga negara indonesia maka ada baikny kita selalu menggunakan mata uang rupiah.

“Kami disini hadir bersama dengan Bank Indonesia tentunya kita sebagai masyarakat perbatasan harus selalu menggunakan uang rupiah dalam beraktifitas sehari hari sebagai wujud untuk menjaga kedaulatan Negara dari wilayah perbatasan ini”. ujarnya.

Sementara itu Staf BI, Andi Joko yang juga turut hadir dalam kegiatan menyampaikan bahwa tugas bank BI adalah menjaga kestabilan harga diseluruh indonesia termasuk wilayah perbatasan, karena disini biasanya selalu terjadi pertukaran antar mata uang antara Kina dan Rupiah.

“Tugasnya BI yaitu menjaga kestabilan harga untuk di seluruh Indonesia, dimana Bank BI adalah induknya bank atau sebagai bank sentral yang menampung seluruh bank-bank yang ada di indonesia”. kata Andi.

Diakhir kegiatan, Kepala kampung Kibay Bapak Acerius Numbun menyampaikan ucapan terimakasih kepada Satgas 432 Kostrad dan juga BI yang telah memberikan penyuluhan.

“Kami sangat berterimakasih kepada Satgas 432 Kostrad dan kami mohon perhatian kepada pemerintah untuk kemajuan kampung Kibay”. ucapnya.

Selain itu dia juga berharap agar pemerintah bisa memberi perhatian terkait peningkatan SDM di kampung Kibay khususnya dalam hal pendidikan.

“Kami meminta perhatian pemerintah tentang SDM di kampung kibay khususnya tentang keberadaan sekolahan yang ada disini untuk bisa dapatnya di tambahkan ruangan kelasnya dan sekolahan karena kondisinya yang kurang memungkinkan untuk proses belajar mengajar”. pungkasnya.

Bank BI Sosialisasi Penggunaan Mata Uang Rupiah di Perbatasan RI-PNG
Pemberian bingkisan ke[ada warga masyrakat dari Bank BI dan Satgas Pamtas 432 Kostrad, FOTO: Dok. Satgas Pamtas
Sebelum mengakhirinya kegiatan tim satgas memberikan penyerahan bingkisan sembako yang dibagikan oleh prajurit Satgas dengan tertib dan aman.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dansatgas, Wadansatgas, Perwira Staf dan Anggota Prajurit Satgas Yonif PR 432 Kostrad Pos Yeti dan Pos Kaliasin, Danramil Keroom Mayor Ckm Ana Yoku, Staf Kodim 1701/04 Arso, Babinsa Koramil 04 Arso dan Bidan dan Perawat Kesehatan Puskesmas Arso serta kurang lebih 300 KK warga kampung Kibay masyarakat perbatasan.

(Aya)

Lainnya

Advertisement

Langganan Newsletter
Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, update dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke inbox Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja