Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Banyak Anak Dibawah Umur Jadi Pelaku Kriminal, Orang Tua Diminta Berikan Pembinaan

0 1.015

Sentani (Sentani News) – Kepala kepolisian resor Jayapura, Ajun Komisaris Besar Polisi Gustav Robby Urbinas menghimbau kepada seluruh orangtua agar secara terus menerus memberikan pemahaman dan pembinaan sekaligus mengawasi anak-anaknya, terlebih bagi yang telah dewasa.

“Orangtua mesti berikan pemahaman dan pembinaan secara terus menerus kepada anak-anaknya, mengingat sekarang ini maraknya aksi pencurian, jambret, curanmor dan pengedaran ganja yang terjadi di wilayah hukum polres jayapura yang pelakunya masih dibawah umur (remaja),” katanya kepada wartawan saat ditemui di Sentani, Senin (13/11).

Baca juga

Gustav mengatakan, berdasarkan data satuan kriminal tercatat kejahatan dibawah umur termasuk cukup tinggi ditangani. Itu dikarenakan kurangnya pembinaan dan pengawasan di dalam keluarga, serta lingkungan sekitar yang turut mempengaruhi. Memang saat ini beberapa kasus seperti curanmor, jambret, dan ganja rata-rata di dominasi oleh anak di bawah umur. Salah satu faktornya, putus sekolah sehingga mereka (remaja) ini tidak mendapat pembinaan, tidak terkontrol baik oleh orang tua dan keluarga, dan tidak memiliki tanggung jawab sehari-hari seperti pendidikan maupun pekerjaan, sehingga mereka melakukan hal-hal ini untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Masih katanya, saat ini langkah yang akan dilakukan kepolisian kedepan adalah, membentuk komunitas remaja dan pemuda yang sering berada di pinggir jalan untuk memberikan penyuluhan, kita juga akan meminta para keluarga untuk lebih meningkatkan pengawasan kepada mereka, ujarnya.[vito]

Lainnya

Advertisement

Langganan Newsletter
Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, update dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke inbox Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja