Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

1300 Warga Desa Kimbely dan Banti Ditahan Oleh Kelompok Kriminal Bersenjata

0 1.116

Sentaninews.com, TIMIKA – Sekitar 1300 orang dari Desa Kimbely dan Desa Banti, Tembagapura, Mimika, Papua, mendapatkan larangan untuk keluar dari kampung oleh Kelompok Kriminal Bersenjata, Kamis, 09/11.

Baca juga: Jack Millian Kemong Akui Bertanggung Jawab Atas Penyerangan di Tembagapura

Hal itu dibernarkan oleh Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar melalui saluran telepon kepada Tribunnews.

“Saat ini di Kampung Kimbely terdapat sekitar 300 warga non-Papua yang sebelumnya bekerja sebagai pendulang emas dan pedagang oleh KKB dilarang bepergian keluar kampung tersebut,” kata Boy Rafli.

“Sementara itu Desa Banti yang jaraknya berdekatan dengan Kampung Kimbley, menurut informasi adalah penduduk asli setempat yang berjumlah sekitar 1000 orang juga dilarang bepergian” lanjutnya.

Dijelaskan, selain dilarang bepergian atau keluar kampung, semua barang warga juga dirampas oleh kelompok kriminal bersenjata.

“Diperkirakan jumlahnya mencapai 1.300 orang yang dilarang keluar dari daerah itu. Semua barang mereka juga dirampas oleh kelompok ini. Kurang lebih seperti itu, detail informasi yang terjadi di sana masih terus didalami,” tuturnya.

Baca juga

Advertisement

Kapolda Papua menegaskan, saat ini petugas Polri bersama TNI tengah berupaya melakukan langkah persuasif dan preventif agar warga bisa terbebas dari intimidasi serta ancaman kelompok bersenjata.

“Kalau untuk informasi disekap belum ada, hanya dilarang keluar daerah itu. Informasi sementara, kondisi masyarakat masih dalam kondisi cukup baik. Saat ini Tim Satgas Terpadu TNI-Polri masih melakukan upaya di lapangan,” ujarnya.

Live Video 1300 Warga Papua Disandara KKB

1300 Warga Papua Disandra

BREAKING NEWS: 1300 warga Papua disandera kelompok bersenjata. Ikuti live streamingnya di sini. #BreakingiNews

Posted by Inewstv on 2017 m. lapkritis 8 d.

(*)

 

Lainnya

Advertisement

Langganan Newsletter
Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, update dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke inbox Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja