Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Babinsa Kemtuk Gresi tanam padi gogo bersama warga

0 456

Jayapura (Sentani News) – Babinsa Koramil 1701-14/Kemtuk Gresi Serka Siswanto bersama Kepala Kampung Swentab, Nahor Wadi dan masyarakat setempat melaksanakan uji coba tanam padi dengan menggunakan sistim gogo yang dipimpin oleh Marsidi selaku Ketua PPL Kampung Swentab, Distrik Kemtuk Gresi, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (9/1/2018).

 

Menanam padi gogo berbeda dengan menanam padi di lahan sawah pada umumnya. Perbedaan cara menanam padi gogo yaitu lahan yang digunakan adalah lahan kering dengan menanam benih langsung. Varietas padi yang ditanam ini adalah merupakan padi yang tahan kekeringan dan tahan penyakit.

 

“Uji coba tanam padi perdana dengan menggunakan sistim gogo tersebut dilaksanakan secara bergotong royong pada lahan seluas setengah hektar yang sudah siap ditanami karena pembukaan lahan sawah kering tersebut baru pertama kali dilaksanakan dengan luas lahan yang sudah dikerjakan alat berat seluas 5 hektar dari 13 hektar lahan yang disiapkan,” kata Serka Siswanto.

 

Menurut dia, warga Kampung Swentab sangat bersyukur karena di kampung mereka telah dilaksanakan program upsus swasembada pangan dengan pembukaan lahan sawah baru meskipun lahan sawah di kampung Swentab ini tidak sama dengan lahan sawah di wilayah lain yang sudah memiliki sumber air dan irigasi untuk mengairi lahan sawah milik para petani.

 

Baca juga

Advertisement

“Warga sangat senang dengan dilaksanakannya tanam padi perdana ini meskipun warga belum memahami betul cara pengelolahan sawah, namun PPL dan para Babinsa akan selalu mendampingi para petani dalam proses pengolahan sawah mereka,” kata Serka siswanto.

 

Ia juga mengatakan bahwa pengolahan tanah untuk menanam padi gogo memang sedikit lebih rumit dibandingkan dengan pengolahan lahan sawah seperti biasanya, namun apabila para petani betul-betul menekuni cara ini dengan baik, maka para petani akan mendapatkan hasil yang maksimal karena varietas unggul padi gogo.

 

“Padi gogo, selain mempunyai potensi hasil tinggi juga mempunyai ketahanan terhadap kekeringan, keracunan alumunium dan atau tahan penyakit blas,” kata Serka Siswanto.

 

Sementara itu, Kepala Kampung Swentab Nahor Wadi menyampaikan terima kasih kepada Babinsa Koramil 1701-14/Kemtuk Gresi yang telah membantu para petani dalam kegiatan tersebut, dimana Babinsa Koramil 1701-14/Kemtuk Gresi telah mendampingi para petani mulai dari pembukaan lahan, penyiapan lahan dan sampai dengan proses tanam padi berlangsung.

 

“Semoga kedepan program pembukaan lahan sawah untuk meningkatkan swasembada pangan di Distrik Kemtuk Gresi dapat berjalan dengan baik dan sukses demi peningkatan ekonomi masyarakat Distrik Kemtuk Gresi,” katanya. (Ian/Pri)

Lainnya

Advertisement

Langganan Newsletter
Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, update dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke inbox Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja