Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Puluhan rumah di Distrik Nimbokrang terendam banjir akibat sungai Botol meluap

0 753

Sentani (Sentani News) – Puluhan rumah di Kampung Nimbokrang Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/12 /2017), terendam banjir genangan setinggi 30-40 centimeter. Banjir terjadi karena hujan deras di wilayah itu selama beberapa jam dan juga karena pendangkalan sungai Botol.

“Banjir genangan yang terjadi di Kampung Nimbokrang Distrik Nimbokrang disebabkan karena Sungai Botol yang tidak mampu menampung debit air karena terjadinya pendangkalan, sehingga menyebabkan sebanyak 24 rumah dan dua Mushola terendam banjir,” kata Andik Tri Wahyudi Kepala Kampung Nimbokrang.

Andik Tri Wahyudi menjelaskan, data korban banjir genangan adalah sebanyak 24 rumah warga dengan ketinggian air rata rata 30-40 centimeter, dari 24 rumah tersebut terdiri dari 31 KK dan 102 jiwa Selain rumah warga, banjir genangan juga merendam dua Mushola, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana tersebut.

Baca juga

“Untuk saat ini warga yang rumahnya terendan banjir genangan mengungsi ke tetangga dan saudara terdekat sampai air surut,” jelasnya

Semetara ini baru pihak pemerintah Kampung yang melakukan penanggulangan korban tersebut, Pihak Kampung dan Distrik Nimbokrang telah melaporkan hal tersebut ke Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Jayapura, agar para pengungsi segera mendapatkan bantuan karena ditakutkan banjir susulan masih akan terjadi karena sampai saat ini cuaca masih mendung.

“Sebetulnya Kami sudah mengusulkan normalisasi Sungai Botol sejak tahun 2014 lalu melalui Musrenbang namun sampai saat ini belum terealisasi, Kami harap pemerintah untuk segera melakukan normalisasi Sungai Botol agar kedepanya tidak akan terjadi banjir seperti ini lagi,” Ujarnya. (Pri)

Lainnya

Advertisement

Langganan Newsletter
Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, update dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke inbox Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja