Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Catatan Wabup Jayapura Pada Penutupan Musrembang RKPD 2019

0 1.703

SENTANI (Sentani News)  – Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro secara resmi menutup Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Jayapura 2019, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (6/4/2018) sore lalu.

Giri Wijayantoto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta Musrenbang RKPD tahun 2019 dan narasumber yang hingga sore ini masih mengikuti dengan semangat dalam berdiskusi, dalam rangkaian penyusunan program atau kegiatan tahun 2019 mendatang.

“Saya melihat bahwa selama duara dilaksanakannya Musrembanga para peserta telah bersungguh-sungguh melakukan pembahasan untuk merumuskan  sekaligus menyepakati program kegiatan yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di Kabupaten Jayapura sesuai kebutuhan dan prioritas diwilayah masing-masing,” katanya.

Dalam Musrembang ini, kata Giri Tentunya banyak usulan yang dibahas, namun dengan perhatian dan kesungguhan seluruh Perangkat Daerah (PD) memadukan antara Rencana Kerja PD dengan usulan yang masuk dari berbagai elemen.

Baca juga

Dimana menurutnya, Proses Musrembang yang telah berjalan dari kampung, distrik se Kabupaten Jayapura yang juga telah include dengan pokir-pokir DPRD melalui Jaring Asmara maupun kebijakan-kebijakan langsung. “Hal ini menjadi menjadi perhatian mendasar untuk kita laksanakan pada tahun 2019 nanti,” katanya katanya.

Dikatakan, usulan kebutuhan pembangunan itu bagaikan deret ukur sementara dana yang tersedia seperti deret hitung, maka disini diperlukan koordinasi dan ketajaman dalam menentukan prioritas secara seimbang antar wilayah pembangunan.

Menurutnya setelah memperhatikan proses perencanaan pembangunan sejak tahapan Musrembang Kampung/Kelurahan, Distrik, Forum PD hingga Musrenbang tingkat Kabupaten maka perlu integrasikan antara sektor dan wilayah untuk menjawab kebutuhan masyarakat serta program dan kegiatan pada tahun 2019.

Iapun berharap hasil juga menjadi program prioritas utama dalam mendapat perhatian khusus seperti persiapan untuk iven PON 2020. “Jadi, program dan kegiatan pembangunan pada prinsipnya akan kita sinergikan dengan pendapatan daerah. Sehingga patut di rumuskan kebutuhan daerah  yang benar-benar merupakan prioritas pembangunan,”  imbuhnya.

Untuk itu, dia meminta dengan tegas kepada seluruh Perangkat Daerah (PD) agar dikawal dengan baik. “Saya tegaskan dan minta perhatian serius agar dikawal dengan baik, dan usulan ke Pemerintah Provinsi serta Pusat agar diperjuangkan di Musrenbang tingkat Provinsi dan Nasional,” katanya. [tyi/Pri]

Lainnya

Advertisement

Langganan Newsletter
Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, update dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke inbox Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja