Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Wujud Rasa Syukur Yonif Para Raider 501 Kostrad Dengan Peduli Sesama

0 900

Jayapura (Sentani News) – Dalam rangka menyambut HUT ke-57 Yonif Para Raider 501 Kostrad dan sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas kenaikkan Pangkat segenap Prajurit Kostrad, Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad Pos Komando Taktis (Kotis) menggelar acara Donor Darah yang bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura, PMI Jayapura, Bank Indonesia, dan PT. Nindya Karya (4/4). Kegiatan Donor Darah ini dipimpin oleh Dansatgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, Letkol Inf. Eko Antoni Chandra Listiyanto.

Acara yang diselenggarakan di Klinik Pos Lintas Batas Negara (PLBN) ini diikuti oleh 122 pendonor, yang terdiri dari gabungan beberapa elemen masyarakat. Diantaranya perwakilan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara, Kepolisian sektor Muara Tami, PLBN Skouw, para pegawai dari PT. Nindya Karya, masyarakat Kampung Skouw, dan segenap anggota Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad.

Baca juga

Sebelum acara Donor Darah dimulai, terlebih dahulu diawali oleh Sosialisasi dari Bank Indonesia yang dibawakan oleh Bapak Hizkia Perangin Angin. Hizkia mensosialisasikan tentang tata cara pembayaran menggunakan Uang Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Disamping itu Hizkia juga mensosialisasikan tentang cara mengetahui perbedaan antara uang asli dan uang palsu.

Tekhnis pelaksanaan dari Donor Darah ini sendiri diawali dari pelaksanaan Tensi Darah untuk mengetahui tekanan Darah calon pendonor. Kemudian pengecekan jumlah Haemoglobin dalam darah dengan menggunakan cairan Kupper Sulfat. Setelah selesai pengecekkan Haemoglobin dilanjutkan dengan proses pengambilan darah.

Antusias para pendonor sangat luar biasa. Terbukti dari jumlah yang ditargetkan oleh pihak PMI Jayapura hanya 50 pendonor, namun kenyataannya pendonor yang mendonorkan darahnya mencapai 122 orang. Dari 122 para pendonor tersebut ada 14 orang yang dinyatakan tidak bisa mengikuti Donor Darah dikarenakan tekanan darah yang rendah dan ada juga yang positif terjangkit Malaria.

Bapak Waidiono Santoso, S.KM sebagai Penanggung Jawab dari pihak PMI Jayapura mengatakan dirinya sangat terkejut melihat banyaknya para pendonor yang mau mendonorkan darahnya. Waidiono sangat senang melihat banyaknya para pendonor yang dengan sukarela mendonorkan darah untuk saudara saudara kita yang lebih membutuhkan. (Jef/Pri)

Lainnya

Advertisement

Langganan Newsletter
Daftar di sini untuk mendapatkan berita terbaru, update dan penawaran khusus yang dikirim langsung ke inbox Anda.
Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja