Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Tujuh Penyelenggaran PSU Terancam Pidana

0 518

SENTANI (Sentani News) – Tujuh penyelenggara di TPS 16 distrik Kaureh terancam pidana. Hal itu, berdasarkan laporan pelanggaran adminitrasi pemilu.

Komisioner KPU Provinsi Papua, Izak Hikoyabi kepada wartawan mengatakan, 7 penyelenggara terdiri dari, KPPS dan Linmas di TPS 16 distrik Kaureh semua terlibat.

Dimana, pelanggarannya adalah sisa surat suara yang seharusnya tidak dipakai namun atas kesepakatan penyelenggara bahkan disaksikan panwas distrik dan lapangan termasuk KPPPS dan Linmas membagi surat suara tersebut, kemudian masing-masing bergiliran menggunakan hak politiknya.

Baca juga

“Itu bisa ancaman pidana. Makanya, kami masih tunggu laporan dari Panwas dan Bawaslu. Staf kami sudah melaporkannya dan kami masih menunggu laporan Bawaslu terhadap rekomendasi apa yang akan dikeluarkan terhadap TPS 16 itu. Jika memang PSU kembali maka kami siap melaksanakan PSU tersebut sesuai rekomendasi Bawaslu kepada TPS bersangkutan ,” katanya.

Soal TPS Umbron, Izak mengatakan, 101 data pemilih disana dan pencoblosan belum bisa dilakukan saat ini sebab masih menunggu kesiapan helikopter dan kini masih dikoordinasi dengan pihak-pihak lain termasuk swasta.

“Jika sekarang ada kepastiannya maka TPS itu akan melakukan PSU susulan,” katanya.[vito]

TERKAIT