Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

KPU : PSU Kabupaten Jayapura Sesuai Jadwal dan Dilaksanakan

0 1.955

SENTANI (Sentani News) – Komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi Papua sebagai penyelenggara PSU di Kabupaten Jayapura memastikan pelaksanaan PSU di 261 TPS di 19 distrik di Kabupaten Jayapura yang dilaksanakan hari ini Rabu (23/8) berjalan.

Hal itu setelah semua persiapan telah rampung baik itu, kotak suara, surat suara, PPD, PPS dan pendistribuan logististik dan pengawalan.

Baca Juga : PSU Kabupaten Jayapura Hari Ini Serentak di 261 TPS

Komisioner KPU Papua, Izak Hikoyabi kepada wartawan mengatakan, logistik sudah di distribusikan semua dan terakhir yang di distribusikan Sentani Kota.

Baca juga

“ Bahkan, bagi TPS lainnya sudah digeser logistiknya termasuk pengawalan. 1 TPS di Umron di distrik Kaureh logistiknya belum digeser mengingat didaerah itu hanya bisa ditempuh melalui helikopter. Kami masih berkoordinasi dengan Panglima TNI di Jakarta untuk bisa menggunakan helikopter mengangkut logistik ke daerah tersebut. Kami sudah sampaikan surat melalui KPU RI dan saat ini kami masih menunggu kabar soal penggunaan helikopter tersebut,” katanya, Selasa (22/8).

Izak mengatakan, kendala lainnya di TPS ompolo dimana, salah seorang ondofolo bersikeras untuk tidak melakukan PSU sebab PSU telah dilakukan pada tanggal lalu bahkan hak suaranya telah diberikan. Menyikapi hal itu, kami langsung melakukan pendekatan, bahkan di Sentani Kota sempat tidak melakukan PSU namun langsung diberikan pendekatan dan pemahamam, tetapi secara keseluruhan semua persiapan berjalan aman dan lancar serta tertib dan tidak ditemukan hal-hal menonjol disetiap TPS , katanya.

Soal petugas penyelenggara, Izak mengungkapkan, para penyelenggara dibekali SK sehingga penyelenggara yang bertugas disetiap TPS harus yang ditetapkan sesuai SK . SK diberikan kepada PPD dan PPS yang ditetapkan oleh, KPU dan SK KPPS.

“Diharapkan, semua penyelenggara menjalankan tugasnya dengan baik ,”ungkapnya.
Izak mengungkapkan, 4 komisioner KPU RI dijadwalkan pantau pelaksanaan PSU. “Saat ini yang baru tiba, kepala Inseptorat KPU RI bahkan tamu kami juga sudah tiba, Sekjen KPU RI juga akan hadir termasuk Bawaslu RI juga akan hadir,”ungkapnya.[vito]

TERKAIT