Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Hasil PSU Belum Capai 50 Persen

0 869

SENTANI (Sentani News) – Minimnya partisipasi pemilih pada PSU yang telah dilaksanakan berdampak pada hasil yang diperoleh yakni belum mencapai 50 %.

Komisioner KPU Provinsi Papua, Izak Hikoyabi kepada wartawan mengatakan, itu sementara data didapat .

Dimana hasilnya belum mencapai 50 % . Kondisi itulah yang memang terjadi pada PSU di Kabupaten Jayapura ini.

Baca juga

“ Walaupun, bila nanti hasil rekapitulasi perolehan suara dibawah 50 % itu tidak mempengaruhi keabsahan suara dari hasil PSU sebab PSU tidak menerapkan sistem 50 % dan itu tak berpengaruh kemana-mana,” ucapnya, Kamis (24/8).

Izak menjelaskan, pada partisipasi pemilih dibagi menjadi dua terdiri dari pemilih fanatik dan apatis. Dimana, jika fanatik maka hasil mencapai 50 % tetapi jika tidak dalam arti malas tahu bahkan tidak perlu maka itu disebut pemilih apatis sehingga partisipasi pemilih minim.

“ Pada PSU ini, KPU tidak menjadwalkan kepada Paslon untuk melakukan kampanye dan itu mesti dipahami dan itu belum diatur dalam aturan KPU dan UU bahkan pelaksanaan PSU termasuk sosialisasi terhadap paslon juga terbatas dan itu juga mempengaruhi konsitutien pemilih dari masing-masing paslon. Terlalu panjang masa dilakukan PSU , itu juga mempengaruhi minimnya partisipasi pemilih,” jelasnya.[vito]

TERKAIT