Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Hari Ini, KPU Papua Plenokan Semua TPS

0 2.066

SENTANI (Sentani News)– Komisi pemilihan umum,( KPU) Provinsi Papua sebagai penyelenggara PSU Kabupaten Jayapura akhirnya mengambil langkah tegas terhadap PSU di Kabupaten Jayapura. Hal itu terbukti dengan diplenokannya surat suara PSU di 87 TPS ditambah dua TPS bersama surat suara yang lebih dulu direkapitulasi.

“Tidak ada PSU lagi sebab semua sudah selesai dan final dan soal pencermatan 39 TPS tak bisa dilaksanakan sebab rekomendasi yang digunakan diragukan sehingga tetap berjalan,” ucap Ketua KPU Provinsi Papua, Adam Arisoi kepada wartawan usai mendampingi Kapolda meninjau dua TPS di Kampung Bambar distrik Waibu, selasa (5/9).

Adam menuding rekomendasi Bawaslu RI dinilai tak jelas makanya penyelenggara harus memahami aturan main didalam penyelenggara tersebut apalagi yang mengangkat PPS adalah KPPS. Jangan diloko-loko oleh KPU apalagi itu kewenangan dari KPPS dalam mengangkat PPS dibawah.

Baca juga

“ Tidak bisa secara global KPU yang menetapkannya PPS dibawah dan bila itu terjadi maka kita melanggar aturan. Saat ini rekomendasi itu belum dibongkar sebab memang tak bisa digunakan sebagai rekomendasi,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Provinsi Papua, Feggi Watimena mengatakan, soal pencermatan 39 TPS yang merupakan rekomendasi Bawaslu RI itu diserahkan kepada KPU Provinsi Papua.

“ Rekomendasi pencermatan 39 TPS itu merupakan dari Bawaslu RI dimana Bawaslu Provinsi Papua diminta melakukan pengawasan mengenai pencermatan tersebut. Hasil pencermatan itu sudah dilaporkan kepada KPU RI dan Bawaslu RI dan tindakan apa terhadap rekomendasi Bawaslu RI itu tergantung KPU Provinsi Papua sendiri ,” katanya

Untuk pleno PSU, Adam menjelaskan, sesuai jadwal akan dilaksanakan, Rabu pagi (6/9) sekitar pukul 09.00 wit di HSI, Sentani.[vito]

TERKAIT