Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

TNI Laksanakan LDKS dan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Kepada SMP Asikie

0 958

Boven Digoel (Sentani News) – Guna meningkatkan rasa nasionalisme dan mencegah pengaruh negatif dikalangan masyarakat khususnya dikalangan pelajar di wilayah penugasan yang menjadi tanggung jawab Satgas Yonif 310/KK, maka pada tanggal 7 September 2017 Satgas Yonif 310/KK melaksanakan kegiatan latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) dan Wawasan Kebangsaan kepada 345 orang siswa SMP Negeri Asikie.

Dansatgas Letkol Inf Cecep Kurniyawan, S.A.P. mengatakan, Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 7 – 9 September 2017 bertempat di kompleks SMP Negeri Asikie.

Baca juga

Materi kegiatan yang diberikan selama 3 hari tersebut meliput ; Empat Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika), mempertahankan ideologi Pancasila melalui Bela Negara untuk menjaga keutuhan NKRI, bahaya Narkoba dan pergaulan sex bebas serta proxy war, selain materi ceramah tersebut guna membentuk kekompakan dan kerjasama tim yang baik sesama pelajar diberikan juga materi Outbond meliputi Peraturan Baris Berbaris (PBB), water estafet, permadani terbang, tongkat estafet, buldozer, bola tali dan holahop.

“Pesatnya perkembangan kemajuan teknologi informasi yang menembus ke semua aspek kehidupan masyarakat telah membawa pengaruh yang luar biasa terhadap budaya bangsa Indonesia khususnya dikalangan generasi muda. Sehingga sering kita dapatkan gaya hidup dan tingkah laku generasi muda yang cenderung meniru budaya bangsa asing dan melupakan budaya bangsanya sendiri. Hal ini terjadi disebabkan karena kurangnya rasa nasionalisme dan rendahnya rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda, dan apabila hal ini dibiarkan akan dapat membahayakan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia,” kata Dansatgas.

Dansatgas Letkol Cecep Kurniyawan, S.A.P. juga menyampaikan, bahwa para pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang pada waktu gilirannya akan menggantikan generasi tua untuk memimpin bangsa ini, sehingga kesempatan yang baik ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar memimpin dan memimpin, dimulai dari memimpin diri sendiri maupun sesama rekan.

Dan tak lupa juga menyampaikan agar sesama anak bangsa untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan karena itu merupakan suatu modal dasar untuk melanjutkan pembangunan. Sebelum mengakhiri amanatnya Dansatgas juga menyampaikan bahwa kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di sekolah-sekolah di wilayah yang menjadi tanggung jawab Satgas Yonif 310/KK. (Sigit

TERKAIT