Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Warga Jayapura Mulai Bersihkan Lingkungan Sambut HUT RI

0 487

Jayapura (Sentani News) – Jelang peringatan HUT RI ke-72 tahun 2017 ini, masyarakat di Jayapura mulai melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan.

Di sejumlah kampung para warga telihat mulai membenahi pagar-pagar mereka yang sudah mulai rusak dan membersihkan halaman rumah. Tidak ketinggalan Babinsa Koramil 1701-11/Nimboran Serka Anang Supardi bersama warga kampung Benyom Jaya 1, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, juga melaksanakan karya bhakti pengecoran tiang bendera Merah Putih dan penimbunan lapangan sepak bola yang akan digunakan untuk pelaksanaan upacara HUT RI ke-72, Minggu (6/8).

Lapangan sepak bola yang berada di kampung Benyom Jaya 1, Distrik Nimboran yang biasa digunakan untuk pelaksanaan upacara HUT RI tersebut sudah sangat jarang digunakan sehingga tidak terawat lagi.

Melihat hal tersebut, Serka Anang Supardi berkoordinasi dengan warga setempat untuk melaksanakan karya bhakti pengecoran tiang Bendera Merah Putih sekaligus penimbunan lapangan yang digenangi air.

Dengan motifasi yang tinggi untuk mensukseskan perayaan HUT RI yang ke-72, warga kampung Benyom Jaya 1, Distrik Nimboran sangat antusias dalam karya bhakti tersebut.
Pada kesempatan tersebut Serka Anang menyampaikan, memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat ketika menjelang peringatan hari kemerdekaan, selalu ada kegiatan pembenahan lingkungan.

Baca juga

Bukan hanya itu, mereka juga memasang umbul-umbul dan Bendera Merah Putih. “Nantinya di depan rumah akan dihiasi dengan umbul-umbul, Bendera Merah Putih, serta ornamen lainnya. Kemudian pagar dicat supaya terlihat lebih asri. Seluruh masyarakat antusias membenahi kebersihan lingkungan menjelang hari kemerdekaan ini,” katanya.

Menurut dia, HUT RI wajib diperingati seluruh warga negara sebagai bentuk rasa solidaritas terhadap para pejuang negeri ini ketika memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Para pahlawan telah berjuang dengan titik darah penghabisan untuk membebaskan negeri ini dari tangan penjajah.

“Jadi kita saat ini patut bersyukur telah bebas dari penjajahan para kolonialisme. Olehnya itu patut kita rayakan setiap tahun, mengenang jasa-jasa para pejuang terdahulu. Salah satunya ada berpartisipasi aktif dalam kegiatan HUT RI,” ujarnya.

Lebih lanjut Anang menjelaskan, bila sebelumnya para pendahulu berjuang memikul senjata untuk memperoleh kemerdekaan, maka sebagai tindaklanjutnya masyarakat saat ini dituntut bekerja untuk mengisi pembangunan bangsa yang telah merdeka.

“Pemeliharaan lingkungan adalah salah satu bentuk partisipasi kita sebagai warga negara dalam mengisi kemerdekaan ini. Saya rasa bukan hanya di Jayapura saja, tetapi juga seluruh masyarakat di pelosok nusantara,” tutupnya. (Sigit)

TERKAIT