Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Satgas 310/KK Bersama Tim Ekspedisi NKRI Gelar Operasi Patok Perbatasan

0 888

Merauke (Sentani News) – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif 310/KK beserta pasukan Tim Ekspedisi NKRI melaksanakan patroli patok perbatasan RI – PNG, di daerah Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke. Pelaksanaan patroli patok akan dilaksanakan selama empat hari tiga malam oleh 2 Pos Satgas beserta 2 Tim Jelajah dari Tim Ekspedisi NKRI.

Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Cecep Kurniyawan mengatakan, Tim Pertama dilaksanakan oleh Satgas Pamtas Yonif 310/KK Pos Bim dan 1 Tim Ekspedisi NKRI menuju patok batas MM.11.4 dipimpin oleh Letda Inf Sutiyoso, sedangkan Tim Kedua dilaksanakan oleh Satgas Pamtas Yonif 310/KK Pos Kalimaro dan 1 Tim Ekspedisi NKRI menuju patok batas MM.11.3 dipimpin oleh Letda Inf Prayudi.

Baca juga

“Patroli patok perbatasan merupakan salah satu tugas pokok bagi Satgas Pamtas Yonif 310/KK untuk menjaga perbatasan darat RI-PNG di wilayah sektor selatan, sedangkan bagi Tim Ekspedisi merupakan tugas pokok untuk mencari data tentang kondisi patok perbatasan yang ada di wilayah papua bagian selatan, khususnya sektor Kolak Ops 174/ATW,” Jelasnya.

Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Cecep Kurniyawan menyampaikan, Patroli patok perbatasan oleh Satgas Pamtas Yonif 310/KK beserta Tim Ekspedisi NKRI, menggambarkan kekompakan antara TNI dan Instansi lain yang terkait akan kepedulian kedaulatan negara, khususnya patok batas Negara. Selama pelaksanaan tugas ini Satgas Pamtas Yonif 310/KK akan terus menjaga seluruh patok batas yang menjadi tanggung jawab kami dengan maksimal.

“Rute Patroli yang dilalui sangat variatif, berupa rawa, sungai, hutan dan jalan setapak. Dengan jarak mencapai 23 kilometer menuju patok dari Pos Perbatasan, Kerjasama antara Satgas Yonif 310/KK dan Tim Ekspedisi NKRI tahun ini bukan hanya kegiatan pengecekan patok batas negara. Tapi juga kegiatan lain seperti kegiatan sosial, penelitian Geologi, kehutanan, serta Flora dan Fauna,” pungkasnya. (Sigit)

TERKAIT