Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Yongmoodo Baladiri Wajib TNI Disosialisasikan

0 263

Jayapura (Sentani News) – Yongmoodo merupakan seni beladiri asal Korea Selatan ini adalah beladiri tangan kosong yang menjadi seni beladiri wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008. Seni beladiri asal Korea ini pun disosialisasikan oleh Prajurit Satgas Yonif 310/Kidang Kancana kepada anak-anak sekolah SMP Nurusobah Kampung Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel. Dalam sosialiasi tersebut, diperagakan sejumlah jurus yang dilakukan oleh Prajurit Yonif 310/KK.

Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Cecep Kurniyawan S.A.P mengatakan tidak hanya untuk Angkatan Darat, Beladiri Yongmoodo juga kami perkenalkan kepada masyarakat perbatasan Republik Indonesia, sehingga yang diharapkan adalah dapat mewujudkan sifat maupun watak patriotisme kepada generasi penerus bangsa, ucapnya.

Baca juga

Seni beladiri Yongmoodo sendiri mengandalkan ketepatan, kecepatan dan kekuatan dalam duel jarak dekat. Sebuah jenis beladiri yang merangkum beberapa jenis beladiri lainnya seperti Taekwondo, Karate dan Jujitsu. Pelatih Yongmoodo Pos Kotis Yonif 310/KK Serka Japar Ali Sidik mengatakan “Yongmoodo yang kami latihkan kepada anak-anak sekolah di Kampung Asiki ini memiliki tujuan positif melatih keberanian serta patriotisme”, ujarnya.

Seluruh anak-anak Sekolah SMP Nurusobah Asiki sangat antusias mengikuti sosialisasi dan latihan beladiri yongmoodo yang diberikan oleh pelatih dari Satgas Yonif 310/KK. Sebanyak 70 orang siswa-siswi SMP Nurusobah hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepala Sekolah SMP Nurusobah ISiti Fadilah, S.Ag. mengatakan, “kami senang dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak Satgas Yonif 310/KK, dan kami berharap kegiatan ini dapat terlaksana satu kali dalam seminggu”, ucapnya. (Sigit)

TERKAIT