Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Lantamal X Gelar Penataran Dan Pendistribusian Sistim Sandi

0 714

Jayapura (Sentani news) – Komandan Lantamal X Laksma TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. membuka secara resmi acara Penataran dan Pendistribusian Sistim Sandi TNI AL tahun 2017 yang diikuti personel Lantamal X di ruang rapat Mako Lantamal X Kamis 24/08/2017. Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut dipimpin Mayor Laut (KH) Windu Wahyu Wijaya, S.Pd dari Dispamal, tempat penataran di ruang Satkom Lantamal X.

Dalam sambutannya Danlantamal X Laksma TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. menyampaikan kedatangan Tim dari Diskomlekal merupakan bentuk perhatian dari pimpinan Angkatan Laut kepada bawahannya.

Masalah persandian dan masalah informasi sangat vital bagi suatu organisasi terutama sangat rawan terhadap kebocoran dan penyadapan. Untuk memenangkan perang tanpa korban yang lebih banyak berarti pengetahuan komunikasi dan informasi harus menjadi unggulan, Danlantamal X mengumpamakan peribahasa jawa “Menang Tanpa Perang, Ngluruk Tampo Aji Bolo” yang artinya menang tanpa adanya perang menghadapi musuh tanpa kawan, inilah yang harus dikuasai oleh orang-orang sandi sehingga informasi yang akurat lebih dini dapat dikuasai, itulah yang akan memenangkan pertempuran.

Penataran dan pendistribusian sistem sandi TNI Angkatan Laut harus diikuti dengan serius dan itu harus kalian simpan dalam hati dan diaplikasikan ditahun 2018, tegasnya.
Dalam amanatnya Danlantamal X tidak ingin disebabkan sistim sandi yang utama ada kebocoran yang disebabkan oleh personel sandi sendiri.

Baca juga

Sementara itu Kadiskomlekal Laksma TNI Ir. Hinsa P.L. Tobing dalam amanatnya yang dibacakan Mayor Laut (KH) Windu Wahyu Wijaya S.Pd mengatakan kegiatan penataran dan pendistribusian sistim sandi tahun ini bertemakan “Optimalisasi persandian guna meningkatkan peran pengamanan komunikasi dalam rangka mendukung terselenggaranya tugas pokok TNI AL”.

Pada kehidupan militer kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi sangatlah penting untuk mendapatkan informasi atau data tentang musuh atau bakal musuh secara cepat, akurat dan real time agar pimpinan dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Peran persandian meliputi dua peran, pertama peran pengamanan dan kedua peran penyelidikan informasi (analisa berita) dalam rangka mendukung pengamanan dan analisis berita berklasifikasi rahasia.

Sehingga saya akan memberikan beberapa penekanan kepada para peserta sebagai berikut : agar setiap personel sandi TNI terus belajar dan terus meningkatkan kemampuannya di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap upaya – upaya pihak yang tidak bertanggung jawab maupun bakal lawan. Tetap melaksanakan pengamanan fisik terhadap material khusus (mesin sandi), sistim sandi dan transmisi sandi secara terus menerus serta berkesinambungan. Untuk tidak mudah dipengaruhi atau digalang oleh pihak manapun sehingga membocorkan informasi yang berklasifikasi rahasia milik TNI Angkatan Laut. (Sigit)

TERKAIT