Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Danlantamal Tandatangani Pakta Integritas Penerimaan Prajurit yang Jujur

0 241

Jayapura (Sentani News) – Komandan Lantamal X Jayapura pimpin upacara penandatangan Pakta Integritas penerimaan Tantama PK TNI AL Gelombang II TA 2017. Penandatanganan naskah Pakta Integritas ini dilaksanakan oleh seluruh Panitia penerimaan prajurit Tamtama PK TNI AL Gelombang II TA 2017 bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal X Jayapura, Senin (07/08/2017).

Pakta Integritas tersebut berisikan komitmen untuk melaksanakan proses seleksi penerimaan Tamtama TNI AL secara obyektif jujur dan transparan. Diharapkan dengan adanya pakta tersebut tidak terjadi penyalahgunaan wewenang yang akan berakibat buruk bagi calon prajurit yang akan direkrut.

Sebagaimana diketahui bahwa proses perekrutan personel dalam sistem Pembinaan Personel (Binpers) merupakan hal mutlak yang harus dilaksanakan mengingat jumlah personel yang ada di institusi TNI khususnya TNI AL pasti mengalami pengurangan. Pengurangan itu bisa dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti Pensiun, Pemecatan, Sakit dan Meninggal Dunia, sehingga kalau hal tersebut dibiarkan tentunya akan menggangu keseimbangan dalam suatu organisasi.

Baca juga

Dalam Amanatnya Komandan Lantamal X Laksma TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. mengatakan, dengan adanya penandatangan Pakta Integritas ini, agar semua panitia pelaksana penerimaan Tamtama PK TNI AL Gel II TA 2017 di wilayah Lantamal X dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, semua anggota tim atau panitia harus benar-benar bertindak profesional, obyektif dan transparansi dalam memberikan penilaian. Apabila suatu saat diketahui ada anggota atau oknum Prajurit maupun PNS yang terlibat pencaloan atau KKN dalam pelaksanaan Werfing di wilayah Lantamal X akan ditindak tegas dan dituntut sesuai prosedur hukum yang berlaku.

Lebih lanjut, penandatanganan Pakta Integritas ini merupakan komitmen bersama dalam menciptakan proses seleksi penerimaan calon anggota TNI AL secara jujur, transparan dan bebas dari KKN. Komandan Lantamal X berharap dengan penandatangan Pakta Integritas ini dapat mewujudkan perilaku yang baik dan menjadi contoh dimasyarakat, bahwa masuk TNI AL itu gratis, tidak dipungut biaya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Lantamal X, seluruh Asisten Danlantamal X, para Kadis/Kasatker Lantamal X, seluruh Panitia penerimaan, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lantamal X. (Sigit)

TERKAIT