Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Makan Pinang Pererat Silaturahmi TNI dan Warga di Yapen

0 30

(Sentani News) YAPEN – Seperti yang kita tahu bahwa makan pinang atau menginang di Papua sudah menjadi tradisi dan memiliki nilai kekeluargaan. Hal ini juga yang menjadi perekat hubungan antar element masyarakat yang ada di Papua khususnya di Kab. Kep. Yapen.

Disela-sela kesibukannya Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo S.H. menyempatkan diri untuk menghampiri mama-mama Papua yang berjualan pinang di pasar Ansus Distrik Yapen Barat Kab. Kep. Yapen untuk membeli pinang. Disini terlihat canda dan tawa yang menyimbolkan kedekatan dan keakraban antara Dandim dan masayarakat setempat.

Baca juga

Mengingat Kab. Kep. Yapen merupakan daerah kepulauan yang kebanyakan masyarakatnya bermukim di daerah pesisir pantai, tentunya mengunyah pinang menjadi hal yang paling digemari. Kegemaran makan pinang adalah sebuah budaya turun menurun dan penyambung silaturahmi antar sesama masyarakat di Kab. Kep Yapen.

Biasanya makan pinang juga sering di lengkapi dengan sirih dan kapur yang konon dapat menyehatkan gigi dan gusi.

Dengan terjalinnya silaturahmi yang baik dengan masyarakat, hal ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat serta dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan yang di dalamnya terkandung beragam budaya dan tradisi serta adat-istiadat yang dapat memperkokoh kebhinekaan dari NKRI yang kita cintai ini. (Pri)

TERKAIT