Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Polisi Geledah Bengkel Pembuat Plat Nomor Palsu

0 924

SENTANI ( Sentani News) – Sebuah bengkel Ikawangi motor yang berada di Youmakeh, tabita pasar lama, Sabtu siang (22/7) digeledah polsek Sentani Kota.

Penggeledahan dilakukan lantaran bengkel tersebut diduga sebagai tempat pembuatan plat nomor palsu/TNKB (tanda nomor kendaraan bermotor) berlogo Kakorlantas Polri.

Penggeledahan dipimpin langsung oleh Kapolsek Sentani Kota Kompol Hakim Sode. SH didampingi oleh Kanit Reskrim Sek Kota Ipda Aan Anwar. SH berserta anggota.

Saat ini penggunaan plat nomor palsu itu semakin marak baik dipakai sepeda motor maupun mobil, maka polsek Sentani Kota melakukan upayan tindakan tegas terhadap bengkel yang membuat plat nomor/TNKB palsu.

Baca juga

Kapolsek Sentani Kota Kompol Hakim Sode. SH saat dikonfirmasi mengatakan, penggeledahan itu bermula dari informasi yang diterima menyebutkan, bengkel Ikawangi Motor yang bertempat di jalan Youmakeh Pasar Lama Sentani merupakan tempat pembuat Plat Nomor/TNKB Palsu berlogo Lantas.

Maka dari informasi tersebut Kapolsek Sentani Kota bersama personil bergerak menju ke bengkel tersebut untuk dilakukan tindakan tegas. Tiba dilokasi, pihaknya melakukan penggeledahan dan penyitaan barang pembuat plat nomor/TNKB palsu yang berlogo lantas sekaligus mengamankan ATW selaku pemilik bengkel Ikawangi Motor.

“Dari hasil penggeledahan berhasil disita barang bukti berupa 1 buah alat cetak (Mal) untuk Mobil, 8 Buah alat cetak (Mal) untuk motor, 3 buah palu, 4 buah karet hitam untuk las pembuatan TNKB, 1 buah gergaji besi, 1 buah alas besi ukuran 36 cm lebar 15,5 cm, 2 buah penggaris, 1 pisau cater, 18 lembar bahan baku yang belum dicetak, 2 lembar seng almunium ukuran 2 meter, 1 lembar seng plat pintu ukuran 1,80 meter, 46 TNKB Motor, 8 TNKB Mobil, 2 buah Logo Kaorlantas dan 1 buah plat bertulisan koorlantas polri,” katanya.

Masih katanya, kasus pembuatan Plat Nomor/TNKB Motor maupun Mobil Palsu berlogokan Koorlantas saat ini sudah ditangani oleh Unit Reskrim Polsek Sentani Kota, sedangkan Pelaku berInisial ATW mengaku sudah melakukan pembuatan TNKB palsu yang berlogo Koorlantas sejak bulan Maret 2016 dan menjualkan dengan harga Rp. 100.000,- untuk TNKB Motor sedangkan untuk Mobil seharga Rp. 120.000, ucapnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 62 ayat (1) Jo Pasal 8 ayat (1) huruf a UU RI No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 Tahun atau denda paling banyak 2 Milyar. Sementara, untuk bahan baku pembuatan TNKB palsu di pesan dari Surabaya dan bahan Logo koorlantas di pesan secara online, katanya.[vito]

TERKAIT