Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Pemkab Jayapura Siapkan Prosedur Pemusnahan Miras Satu Kontainer

0 1.356

SENTANI (Sentani News) – Pemerintah Kabupaten Jayapura saat ini masih akan menyiapkan prosedur-prosedur hukum terkait dukungan dari komponen masyarakat, tokoh agama, adat terhadap pemusnahan 1 kointener minuman keras (Miras) yang kini telah disita dan berada di halaman kantor bupati Jayapura.

“ Penangkapan dan penyitaan terhadap 1 Kointener miras oleh satuan pamong Praja pada hari Sabtu kemarin sepakat dilakukan pemusnahan,” kata Asisten 2 Setda kabupaten Jayapura bidang perekonomian, Denny Simbar kepada wartawan usai rapat tertutup dengan tokoh agama, adat dan komponen masyarakat, kejaksaan, Polisi, TNI di lantai 1 kantor bupati Jayapura, Senin (7/8).

Denny mengatakan, dalam perda Miras di Kabupaten Jayapura, semua pihak diikutsertakan termasuk tokoh agama,masyarakat dan adat.

Perda miras ditandai dengan pemberantasa miras di Kabupaten Jayapura. Soal pemusnahan dan penyitaan miras, kini pemda akan menyiapkan dulu prosedur hukum. Hal itu bertujuan mencegah terjadi gugatan-gugatan dikemudian hari.

Baca juga

“ Dalam menyiapkan prosedur hukum itu, Satpol PP selaku PPNS akan melakukan koordinasi dengan kejaksaan dan kepolisian dengan tujuan agar lebih diriil lagi dokumen-dokumen apalagi dihadapkan pada perda Miras di Kabupaten Jayapura ini,” katanya.

Denny mengungkapkan, Pada perda itu memang miras yang berhasil disita dikenakan sangsi tipiring, sehingga selanjutnya diatur jadwal pemusnahannya. Dan kedepan, pemda akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi soal Perda Miras dikeluar Provinsi dan Kabupaten Jayapura.

“ Sebab, jika Perda sudah ada namun miras terus beredar tentunya itu susah juga melakukan penertiban-penertiban. Makanya, diharapka agar kedepan tidak ada lagi pemberikan SIUP bagi minuman beralkohol. Kedepan pada pihak ketiga akan dipanggil untuk mencek dokumennya, namun soal pemusnahan dilakukan dengan waktu tak terlalu lama, setidaknya sebelum tanggal 17 Agustus dimusnahkan sebab lebih cepat bagus,” ungkapnya.

Terpisah, Kasatpol PP Kabupaten Jayapura, Yance Demetouw mengatakan, pada hari, Sabtu pagi (5/8), anggota satuan pamong praja Kabupaten Jayapura berhasil menyita 1 kointener minuman keras disalah satu gudang penyimpanan yang berada di gudang berlokasi disekitar Yahim. Pada isi kointener tersebut minuman keras terdiri dari, 1000 karton mansion house, dan 150 karton mansion house.[vito]

TERKAIT