Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Warga Kampung Kalikao Diajari Mengolah Makanan Khas Jawa Barat

0 63

Jayapura (Sentani News) – Mungkin anda pernah mendengar bahkan mencicipi tape singkong dan misro, makanan khas Bandung Jawa Barat.

Makanan yang dibuat dari bahan dasar umbi singkong itu disulap menjadi makanan yang enak dan bernilai ekonomi bagi masyarakat apabila dikelola dengan baik dipasaran.

Dibuat dengan cara singkong direbus sampai dengan matang lalu di taburi dengan ragi hasil permentasi selama 2 sampai dengan 3 hari hasilnya adalah tape singkong yang manis dan pulen. Sedangkan misro (amis dijero atau manis didalam ) adalah singkong yang diparut lalu dikukus, setelah itu bibuat adonan sesuai selera didalamnya ditambah gula aren lalu digoreng sampai matang.

Baca juga

Kedua makanan diatas bukan lagi makanan yang aneh bagi warga kampung Kalikao distrik Jair kabupaten Boven Digoel, pasalnya pada hari senin,11 September 2017 sebanyak 6 personel satgas Pamtas Yonif 310/kk Pos KM 30 dibawah pimpinan Sersan Kepala Eryana melaksanakan penyuluhan pembuatan tape singkong dan misro kepada masyarakat kampung Kalikao.

Setelah melaksanakan penyuluhan, masyarakat diajak langsung untuk melaksanakan praktek pembuatan tape singkong dan misro di balai kampung. Begitu antusiasnya masyarakat yang hadir untuk melihat dan mempraktekan pembuatan tape singkong dan misro tersebut, sehingga balai kampung tidak mampu menampung banyaknya masyrakat yang kurang lebih 100 an orang menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Sersan Kepala Eryana menyampaikan kepada masyarakat yang hadir bahwa komoditi singkong di kampung Kalikao sangat berlimpah, sayang kalau tidak dikelola dengan baik dan hanya dijadikan bahan makanan biasa biasa saja. Ketika singkong disulap menjadi tape singkong dan misro, maka singkong tersebut menjadi lebih bernilai ekonomi apabila dijual dipasaran.

Alhasil bisa menjadi salah satu macam ekonomi kreatif bagi masyarakat kampung Kalikao. Dengan harapan kedepannya masyarakat dapat melanjutkan pembuatan tape singkong dan misro serta dapat menjadi sumber penghasilan dan nilai tamba bagi masyarakat. Semoga dengan kehadiran Pos Satgas Yonif 310/KK di KM 30 Kampung Kalikao dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat khususnya secara ekonomi bisa membantu meningkatkan kesejahteraannya. (Sigit)

TERKAIT