Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

TNI Berikan Penyuluhan Pertanian di Kampung Prabu

0 372

Boven Digoel (Sentani News) – Bertempat di kampung Prabu Atas Asikie kabupaten Boven Digoel Kemarin (6/9) Satgas Pamtas Yonif 310/Kidang Kencana menggelar kegiatan penyuluhan Pertanian, meski cuaca mendung dan gerimis tidak menyurutkan kelompok Tani Kampung Prabu Atas untuk hadir dalam kegiatan tersebut.

Sekitar 15 orang petani dengan antusias mendengarkan pengarahan dan penyuluhan tentang Ketahanan Pangan.

Kapten Inf. Usman selaku Pasiter Satgas Yonif 310/Kidang Kancana mengatakan, ketahanan pangan merupakan solusi kita sebagai masyarakat dalam menghadapi krisis energi dan sumber daya alam yang semakin menipis. Perlu adanya sinergisitas antara semua unsur masyrakat, aparat pemerintah dan para petani untuk melaksanakan ketahanan pangan secara terencana dan terarah agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam hal ini Swasembada pangan.

Baca juga

“Sekarang ini sayur sayuran, kacang, jagung dan buah semangka memiliki nilai ekonomi tinggi di pasaran, untuk itu saya harap setelah para petani menerima penyuluhan ini, kemauan petani untuk bercocok tanam sayur sayuran, kacang, jagung dan buah semangka semakin tinggi serta mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang diharapkan oleh petani dan pemerintah,” jelas Pasiter.

Saat ini lanjut pasiter, keterbatasan suplai bibit dan pupuk menjadi kendala bagi kelompok Tani dalam melaksanakan kegiatan ketahan pangan selama ini, ditambah dengan curah hujan sepanjang tahun di Asikie dan kontur tanah yang kurang subur menyebabkan hasil pertanian yang kurang maksimal bahkan tidak menutup kemungkinan gagal panen.

Sementara itu Mudhofir salah satu ketua kelompok tani mengatakan, bahwa untuk saat ini perhatian pemerintah masih belum maksimal terhadap para kelompok tani yang ada khususnya di kampung Asikie ini, sehingga masyarakat sangat kesulitan dalam mengelola lahan pertanian dikarenakan minimnya informasi tentang pertanian. Untung ada bapak bapak dari anggota Satgas ini yang mau memberikan penyuluhan pertanian kepada masyarakat di Kampung Asikie,ujarnya.

“ Kehadiran Satgas ini sudah banyak membantu masyarakat di daerah penugasanya dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar, untuk itu saya memewakili masyarakat mengucapkan banyak banyak terima kasih kepada Anggota Satgas ini, untuk saat ini perhatian pemerintah daerah sangat dibutuhkan dalam memecahkan semua persoalan diatas agar kedepannya para petani bisa lebih sejahtera dan target swasembada pangan tercapai di Kabupaten Boven Digoel,” pungkasnya. (Sigit)

TERKAIT