Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Jumlah Ruko yang Terbakar di Kemiri Berjumlah 8 Unit

0 2.366

SENTANI (Sentani News) – Sijago merah yang menghanguskan rumah toko yang terletak di Jalan Raya Kemiri, Sentani, senin kemarin sebenarnya berjumlah 8 bukan 7 rumah toko,( Ruko).

Hal itu diketahui setelah satuan reskrim Polres Jayapura melakukan olah TKP, Selasa siang (22/8).

Dari pantuan dilapangan, lokasi kebakaran telah dipasang police line dan terlihat sejumlah anggota Inavis reskrim Polres Jayapura sedang melakukan olah TKP . Dan masih terlihat asap disekitar lokasi.

Kasat Reskrim Polres Jayapura, Iptu Jerry Koagouw, SH ditemui dilokasi mengatakan, ruko yang terbakar sebenarnya berjumlah 8 bukan 7 termasuk Bank Danamon.

Dimana, diperkirakan kejadian kebakarannya sekitar pukul 16.30 wit dan soal penyebabnya belum bisa dipastikan, sehingga untuk mengungkapnya saat ini dilakukan olah TKP yang dicurigai sebagai sumber api yakni Bank Danamon dan ruko bangunan mengingat saling bersebelahan.

“ Untuk barang bukti sementara telah diamankan berupa, meteran dan bahan-bahan yang mudah terbakar untuk selanjutnya uji labfor di Makasar. Itu bertujuan untuk mengetahui penyebab kebakaran sebenarnya ,” katanya.

Uji Lab dilakukan, terangnya lantaran pada kasus kebakaran 8 Ruko itu setelah diperiksa beberapa saksi belum ada yang mengarah atau menyimpulkan penyebab kebakaran tersebut. Selama olah TKP, masyarakat diminta tak masuk ke lokasi tersebut. Saat ini sudah, tiga orang saksi yang telah diperiksa, terangnya.

Disinggung penyebabnya kelalaian, ditegaskan belum bisa dipastikan penyebabnya sebab barang-barang yang telah diamankan pada saat olah TKP selanjutnya akan menjalani uji Labfor. Uji Labfor yang akan mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

“Olah TKP akan lebih difokuskan kepada ruko yang menjual bahan bangunan lantaran mudah terbakar dan ruko itu bersebelahan kiri dan kanan dengan Bank Danamon dan untuk kerugian ditaksir mencapai milliar rupiah,” tegasnya.

Kronologis kebakaran tersebut, Jerry membeberkan, Senin kemarin sekitar pukul 16.30 wit saksi bernama, Pauji yang berprofesi sebagai security Bank Danamon sedang duduk di dalam kantor Bank Danamon bersama dengan karyawan bank Danamon lainnya yang masih bekerja namun dikagetkan muncul api dari atas yang diduga berasal dari toko bangunan milik, Irwan Nur Jaya yang besebelahan dengan bank Danamon.

Melihat kejadian tersebut saksi itu langsung berteriak kebakaran dan karyawan lainnya berusaha menyelamatkan barang – barang berharga lainnya dan salah satu dari karyawan bank Danamon bernama, Muh. Pakri langsung menuju ke kantor pemadam kebakaran Kabupaten Jayapura untuk melaporkan kejadian kebakaran tersebut, Sementara api di toko bangunan Irwan Nur Jaya semakin membesar dan sudah menjalar ke ruko Bank Danamon.

Api baru bisa dipadam setelah 1 unit mobil water canon dan 1 unit mobil pemadam kebakaran turun. Akhirnya api bisa dijinakan. Dari data yang diperoleh, 8 ruko terbakar yakni, 1 unit toko bangunan Irwan Nur Jaya milik, Haji. Rusli, 1 unit kantor Bank Danamon (Milik Bank Danamon unit Kemiri), 2 unit toko bangunan Usaha Maju milik, Cie Hui, 1 unit toko 7 Saudara milik Ardi, 1 unit Ivon Salon milik, Jeni, 1 unit Toko Gorden milik Idung dan 1 toko sembako Tujuh Saudara milik Kahar.[vito]