Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Danrem 172/PWY Kunjungi Pondok Batik Phokouw Faa Perumnas 3 Waena

0 549

Jayapura (Sentani News) – Pengrajin Batik tradisional Papua dari Pondok Batik Phokouw Faa Perumnas 3 Waena menerima kunjungan Danrem 172/PWY beserta rombongan dari Adiwastra Nusantara.

Kunjungan tersebut dalam rangka meresmikan bantuan Sarana dan Prasarana membatik yang diberikan oleh Adiwastra Nusantara kepada Pondok Batik Phokouw Faa melalui Korem 172/PWY.

Komandan Korem 172/PWY Kolonel Inf Boni C. Pardede dalam sambutannya menyampaikan Ini merupakan hari yang terbaik sebelum 17 agustus, ini harus diresmikan, ini merupakan tempat kerajinan batik.

“Ini sangat luar biasa, selama saya berada di sini belum pernah melihat ada tempat pengrajin batik. Semoga nanti jadi yang terbesar dan tempatnya juga kalau memang ada, kita harapkan ditempat yang bisa selain sebagai tempat bekerja juga sebagai tempat pameran”, ujarnya.

Pihaknya berharap semoga hari ini dan seterusnya dapat menjadi mitra kami terutama bagi Kodim 1701/Jayapura akan dibantu untuk pembinanya.

“Kami siap membantu Ibu Baladina dalam memperbesar usaha ibu dan akan menindak lanjuti masalah tempatnya”, tutur Danrem.

Sementara itu, Ketua Pondok Batik Phokouw Faa Blandina Ursula Ongge menyampaikan pihaknya sudah bergelut di bidang batik selama 8 tahun dan kendala yang dihadapi selama ini yaitu dapur perebusan dan bak pewarnaan serta bak perendaman kain belum ada.

Setelah kemarin rombongan ibu edit datang dari jakarta dan di dampingi oleh ibu danrem, fasilitas yang saya butuhkan sudah dibangun dan sudah diselesaikan selama 1 bulan pekerjaan.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua pihak atas bantuan yang telah diberikan, agar apa yang diberikan kepada saya, saya dapat manfaatkan disekitar lingkungan saya, ditengah masyarakat, buat anak-anak sekolah, buat masyarakat kecil yang membutuhkan pelajaran seni dalam pembuatan batik”, ujar Blandina.

Setelah peresmian, Inggrid Dwiputra dari Adiwastra Nusantara memberikan bantuan berupa Kain putih kepada ibu blandina dan melihat langsung proses membatik yang dilakukan oleh beberapa masyarakat sekitar dan siswa SMK yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1701/Jpr Letkol Inf Nova Ismailiyanto, Danramil Abepura Lettu Inf Hagar, Ketua Persit Koorcab rem 172 Ny. Boni C. Pardede beserta pengurus, Ibu Inggrid Dwi Putra beserta rombongan Adiwastra Nusantara. (Sigit)