Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Yonif PR 432 Kostrad Gencar Sosialisasikan Kesehatan dan Hukum di Perbatasan

0 662

Jayapura (Sentani News) – Penyuluhan Kesehatan dan Hukum kepada Siswa SMP Sampai Masyarakat di wilayah perbatasan terus di lakukan oleh Satgas Pamtas RI – PNG Yonif PR 432 Kostrad.

Dipimpin oleh Lettu Ckm Aras S.Sos, M.Si. dan Ltd Chk Sri Purwanto S.H serta beberapa personel Satgas, diprogramkan dalam bulan ini terus diadakan Penyuluhan Kesehatan dan penyuluhan Hukum yang merupakan program lanjutan dari Satgas Pamtas yang pada hari ini melaksanakan penyuluhan di Distrik Koya Koso yaitu kepada Siswa siswi SMP Negeri 14 Koya Koso.

Dimana pada sebelumnya penyuluhan kepada kepada Siswa Siswi SMP Negeri Muara Tami dilanjutkan hari berikutnya kepada masyarakat kampung Holtekam pada waktu yang telah lalu selama satu bulan ini sudah terjadwal oleh Staf Satgas, tentunya waktu dan kesempatan ini tidak disiasiakan oleh Personel Satgas yang ditugaskan untuk mengisi materinya.

Kegiatan Penyuluhan ini adalah bentuk kepedulian dari Satgas Pamtas RI-PNG yang dimana wilayah wilayah perbatasan ini kami melihat sangat perlu sekali untuk diberikan penyuluhan penyuluhan seperti ini diharapkan agar masyarakat mempunyai wawasan dan pemahaman tentang Kesehatan dan Hukum sehingga bisa terjalin silaturahmi yang baik antara TNI dan Masyarakat, Terang Danpos Koya Koso Letda Inf Iqbal Yulandi.

Yang membawakan materi penyuluhan kesehatan adalah Lettu Ckm Aras, S.Sos, M.Si. menghimbau khususnya kepada seluruh siswa siswi SMP Negeri Muara Tami dan Siswa siswi SMP Negeri 14 Koya Koso dan kepada lapisan masyarakat perbatasan pada umumnya dihimbau supaya dapat melakukan perubahan cara hidupnya agar selalu bisa menjaga kesehatan pribadi dan keluarganya, terutama untuk tidak melakukan penyalahgunaan Narkotika, Ganja dan termasuk juga minuman keras, Zat Adiktif lainya serta prilaku Sex bebas agar terhindar dari penyakit menular HIV atau AIDS yang jumlahnya cukup signifikan tiap tahunya di wilayah papua ini.

Baca juga

Kegiatan yang telah dilaksanakan Satgas dari SMP Negeri Muara Tami dilajutkan hari berikutnya kepada Masyarakat Holtekam dan pada hari ini penyuluhan Kesehatan dan Hukum kepada siswa siswi SMP Negeri 14 Koya Koso, Tim dari Satgas menilai kegiatan ini sangat baik dan efektif pelaksanaannya, antusiasme siswa siswi sekolah dan Masyarakat kelihatan sekali pada saat mengikuti penyuluhan ini berlangsung, dimana suasana yang cukup meriah, tempat duduk yang disediakan penuh dengan suasana rasa kekeluargaan terjalin hingga komunikasi yang sangat baik antara Satgas Pamtas dengan para siswa siswi serta masyarakat pada saat pelaksanaan kegiatan berlangsung.

Menurut Ketua RW Koya Koso Abdullah sebagai wakil Kepala Kampung mengatakan kami masyarakat Koya Koso sangat berterimakasih sekali kepada TNI dari Satgas 432 Kostrad yang sedianya untuk memberikan penyuluhan Kesehatan dan Hukum tentunya sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat kami terutama Siswa siswi SMP Negeri 14 Koya Koso.

Lettu Ckm Aras, S.Sos, M.Si. Menyampaikan perlu kita ketahui bersama bahwa penyalahgunaan Narkoba disamping melanggar hukum juga tidak ada maanfaatnya bagi kesehatan kita dan tentunya dengan penyalahgunaan Narkoba ini akan berdampak terjadinya ketergantungan, prilaku Sex bebas dan penggunaan jarum suntik lainya secara bergantian yang akan mengakibatkan munculnya HIV/AIDS ini bisa mengakibatkan kematian dan merusak generasi muda. terangnya.

Pada waktu yang sama setelah materi Kesehatan selesai dilanjutkan Pakum Satgas Ltd Sri Purwanto SH. untuk memberikan penyuluhan hukum terkait Penyalahgunaan Narkoba dari sisi hukumnya, dibahas tentang sanksi hukum bagi yang menyalahgunakan narkoba baik pengedar, pengguna maupun bandar dimana acaman hukumnya sampai seumur hidup hingga hukuman mati, terangnya

Demikian harapan kami dari Satgas Pamtas semoga masyarakat disini dapat menerima dan memahami penyuluhan penyuluhan yang telah kami laksanakan tentunya bagi lapisan masyarakat dapatnya bisa menolak peredaran Narkotika jenis ganja atau yang lainnya berasal dari dalam Negeri maupun yang datang dari Luar Negeri yang selama ini beredar ditengah masyarakat , ini merupakan suatu bentuk ancaman yang nyata khususnya bagi pemuda pemudi Kampung di wilayah perbatasan dan umumnya bagi warga Masyarakat di Jayapura. (Sigit)

TERKAIT