Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Dua Setengah Tahun Tunjangan Transportasi DPRD Belum Dibayarkan

0 1.241

SENTANI (Sentani News)– Selama dua setengah tahun, dana tunjangan transportasi bagi DPRD Jayapura tak dibayarkan hingga saat ini, padahal dalam PP No.14 tahun 2014 pasal 15 ayat 1 berbunyi, tunjangan transportasi dan perumahan bagi dewan diberikan dalam bentuk uang dan dibayarkan setiap bulannya sejak tanggal pengambilan sumpah dan janji para anggota DPRD.

“ Yang menjadi masalah, anggota DPRD Jayapura sejak dilantik hingga saat ini tidak menerima tunjangan transportasi,” kata Karel Samonsabra yang merupakan salah satu anggota DPRD Komisi B diruang kerjanya, Kamis (27/7).

Karel menjelaskan, kalau tunjangan perumahan diberikan namun tunjangan transportasi tak diberikan. Yang menjadi pertanyaan adalah, perbedaan antara tunjangan perumahan dengan transportasi ?. Dipertanyakan, kita bukan hanya ingin mencari kekayaan, namun kita bekerja dilapangan. Dimana, kita turun ke kampung-kampung bahkan sampai ke distrik tetapi sangat disayangkan apa yang menjadi hak dewan tak diakomodir oleh Pemerintah, jelasnya.

Baca juga

Untuk langkah, Karel akan menyeldikinya dengan mengetahui kenapa ini bisa terjadi. Kasihan dewan, sebab hingga saat ini anggota DPRD Jayapura belum mendapatkan tunjangan transportasi tersebut.

“ Kalkulasi kecilnya, jika dana tunjangan transportasi pertiap anggota dewan diberikan Rp 500.000,00 dikali 25 maka didapatkan sekitar Rp 20 juta terus dikalikan 2 tahun setengah maka total seluruhnya senilai Rp 300 juta . Dan ini merupakan temuan pada saat pembahasan-pembahasan,” ujarnya.

Soal kenapa sekarang baru ini, Karel mengklaim ini baru ditemukan dan selama ini kami tidak tahu tetapi peraturan pemerintah berbicara dengan jelas sebab itu diatur dalam unsur penghasilan DPRD Jayapura diatur dalam PP No14 tahun 2014 dan sekarang berubah menjadi PP No.18 tahun 2017 seperti, uang repsentasi, tunjangan keluarga, tunjangan beras, uang paket,tunjangan alat kelengkapan dan intensif ditambah tunjangan reses, imbuhnya.[vito]

TERKAIT