Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

TNI dan Pemkab Merauke Sosialisasi Keserasian Kampung

0 160

Jayapura (Sentani News) – Danramil 1707-16/Sota Mayor Czi Abd. Komar bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke melalui Dinas Sosial Kab. Merauke melaksanakan kegiatan sosialisasi keserasian sosial di Kampung Sota Distrik Sota Kab. Merauke pada hari Selasa 22 Agustus 2017.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt. Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemda Kab. Merauke Urbanus A. Kaise, S.I.P., MAP., Tokoh Sentral Papua Selatan Drs. Johanes Gluba Gebze, Plt. Kepala Dinas Sosial Kab. Merauke Herman Gebze, S.ST., Danramil 1707-16/Sota Mayor Czi Abd. Komar, Kepala Distrik Sota Stanis S. Kahol, Kepala Kampung Sota Adolf Mbanggu, Kepala Adat Suku Kanume Marthen Ndiken dan Dantim Ekspedisi NKRI Subkorwil 3 Merauke Letda Inf Alion serta masyarakat Kampung Sota.

Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Sosial Kab. Merauke Herman Gebze, S.ST., menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga masyarakat Kampung Sota yang telah hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat martabat adat Marind khususnya di tanah Anim Ha dan rencananya nantinya akan dibangun rumah adat di dua tempat yaitu di Kampung Sota dan di Kampung Kuper.

Sementara itu, Bupati Kab. Merauke yang diwakili oleh Plt. Asisten 1 Bidang Pemerintahan Pemda Kab. Merauke Urbanus A. Kaise, S.I.P., MAP., yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Drs. Johanes Gluba Gebse sebagai sesepuh warga masyarakat Marind Papua Selatan yang telah memprakarsai kegiatan ini.

Baca juga

Urbanus A. Kaise, S.I.P., MAP., menjelaskan bahwa sosialisasi keserasian ini sangat penting untuk mengangkat kemasyarakatan kita, beliau sangat setuju apa yang diprakarsai oleh bapak Drs. Johanes Gluba Gebse tentang seserasian adat.
“Masyarakat harus mendukung program pemerintah dan mengikut sertakan diri dalam kegiatan pembangunan supaya kita tahu dan mengerti jangan ada pikiran yang mau memecah belah persatuan”. Ucapnya.

“Kami Atas nama Pemerintah Kab. Merauke mengucapkan terima kasih Kaka (Drs. Johanes Gluba Gebse) atau Sesepuh yang Sudah menggagas tentang pembangunan rumah Adat Marind yang rencana ada 2 lokasi yaitu Kampung Sota dan Kampung Kuper”. Ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Drs. Johanes Gluga Gebze menjelaskan bahwa sejarah tentang arti nama Kampung Sota yang artinya yaitu Stop Penderitaan kita sampai disini.

“Kamu orang Kanume adalah orang-orang hebat tapi belum menemukan tahu cara menemukan orang hebat tersebut maka dari itu harus ada pendampingan”. Kata Drs. Johanes Gluga Gebze menjelaskan.

“Kita harus bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa dimana matahari yang terbit dulian ditanah Papua yang lebih dulu melihat dunia dibandingkan saudara-saudara kita yang ada di Sulawesi, Jawa, Kalimantan”. lanjutnya. (Sigit)

TERKAIT