Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Satgas Pamtas Yonif 405/SK Ajari Warga Cara Mencangkok Tanaman

0 787

Boven Digoel (Sentani News) – Sebagai bentuk kepedulian bidang pertanian terhadap masyarakat daerah perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma memberikan sosialisasi cara mencangkok tanaman kepada warga kampung Waropko, Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel, (02/09/17)

Dihadapan warga Kampung Upkim yang didominasi oleh kaum pria ini, Serka Haryoko, anggota Pos Km. 116 Satgas Pamtas Yonif 405/SK, menjelaskan bahwa mencangkok merupakan salah satu cara pengembang biakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat sama dengan induknya atau tanaman asli.

Baca juga

Tumbuhan yang dicangkok hanyalah tumbuhan dikotil dan tumbuhan biji terbuka seperti durian, rambutan, sawo, jambu, duku dan lain-lain.

Dalam sosialisasi mencangkok tersebut, Serka Haryoko memberikan teori sekaligus praktek yang dimulai dengan pemilihan cabang tanaman yang akan dicangkok, mengerat batang untuk menghilangkan kambium dengan cara mengeriknya menggunakan pisau, mengeringkan getah dan melapisi batang dengan tanah gembur serta membalutnya dengan plastik yang diikat dengan tali rafia.

Warga Kp. Waropko memberikan apresiasi kepada Satgas Yonif 405/SK yang telah memberikan sosialisasi yang sangat bermanfaat bagi warga kampung tersebut. ”Terima kasih bapak-bapak anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK yang telah mengajari kami mencangkok tanaman, karena mencangkok tanaman ini memiliki banyak keuntungan, diantaranya tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah daripada tanaman yang ditanam dengan biji”, ungkap Matheus, tokoh pemuda Kampung Waropko. (Sigit)

TERKAIT