Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Ini Harapan Warga Banda, Distrik Waris Setiap 1 Juli

0 1.360

Banda, Keerom (Sentani News) – Tawa riang terdengar riuh diantara warga yang tengah menyaksikan film komedi yang diputar melalui infokus dilapangan voli kampung banda, distrik Waris, Kabupaten Keerom, Jumat (30/06) dalam menyambut tanggal 1 Juli sebagai hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-71.

Baca : Luar Biasa, Acara Sambut 1 Juli di Perbatasan RI-PNG

Sambil menyaksikan film warga disuguhkan dengan cemilan sederhana seperti kacang rebus, singkong dan Jagung, sebagai minumnya tim dari prajurit Satgas Pamtas menyediakan kopi hitam hangat bagi seluruh warga yang hadir.

Beberapa warga yang kami temui mereka tampak sangat senang dengan adanya acara-acara seperti ini.

Terlihat dalam acara Nobar yang digelar oleh Dansatgas dalam menyambut 1 Juli ini dihadiri sekitar 300 ratusan warga kampung banda dari dua dusun.

Tepat pukul 00:00 acara dihentikan sementara untuk makan bersama sebagai ucapan syukur memasuki tanggal 1 Juli.

Tim dari kesatuan satgas pamtas 410/Alugoro bergegas menyiapkan sajian makan. Makan malam ini disajikan dengan cara unik yaitu lesehan di tengah lapangan yang dialas daun pisang. Semua lauk dan nasi semuanya ditaruh diatas daun pisang.

Baca Juga : 1 Juli Diperingati dengan Acara Nonton Bareng di Kampung Banda, Distrik Waris

Baca juga

Hingga semuanya siap dan warga telah duduk berhadap-hadapan, dan doa makan selesai warga mulai menyantap makanan yang tersaji.

Dalam kesempatan itu juga beberapa prajurit terlihat mulai menyalakan kembang api yang membuat acara semakin meriah.

Menanggapi acara menyambut 1 Juli sebagai Ulang Tahun Bhayangkara ke-71, salah satu kepala dusun (Kampung), Herman yang hadir dalam acara ini menjelaskan jika selama ini belum pernah ada kegiatan acara seperti ini. Menurutnya ini baru pertama kalinya.

“Kalau menurut saya nih aduh, kalau kegiatan begini baru ini,” katanya disela-sela acara nobar.

Menurutnya, acara nonton bareng ini cukup menghibur apalagi ini bertepatan dengan ulang tahun kepolisian.

“Kalau bapak pikir-pikir nanti kalau ulang tahun itu seperti begini sudah, kalau mau, kalau masyarakat bisa nonton kah begitu,” katanya lagi

Kepala kampung berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini kalau bisa tiap tahun diadakan dan disertai juga dengan kegiatan lain seperti perlombaan sepak bola, bola voli atau kegiatan olahraga lainnya, dan di hari H nya nanti bisa diadakan acara nonton bersama sekaligus penyerahan hadiah.

“Ah itu kalau saya pikir, kalau itu bisa kegiatan itu main bola kah, kalau ulang tahun itu, itu harus ada kegiatan,” imbuhnya.

Dalam acara nonton bareng yang berlangsung malam tadi di kampung Banda yang merupakan perbatasan terdekat antara RI dan PNG berjalan aman hingga selesai.

(Aya)

TERKAIT