Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Festival Ajau Mampu Menarik Wisatawan Lokal dan Mancanegara

0 386

SENTANI (Sentani News) – Festival Ajau Sentani ( Phuyakha) ke-1 mampu menarik wisatawan lokal dan manca negara sehingga pentingnya mengembangkan invent tersebut menjadi sebuah devisa baik baik masyarakat dan pemerintah sehingga bisa menumbuhkan pertumbuhan ekonomi kehidupan.

“ Festival Ajau Sentani yang bisa dibilang dari sisi alamnya memiliki keindahan dan nilai-nilai budaya yang terkandung sehingga harus tetap terjaga dan dilestarikan nilai budaya-budaya yang terkandung didaerahnya itu,” kata Ketua tim kerja festival Ajau Sentani,( Phuyakha), Jimmi Yoku pada acara penutupan festival Ajau Sentani (Phuyakha) ke-1 di kampung Ifar besar, jembatan kuning distrik Sentani Kota, Sabtu (12/8).

Masih kata Jimmi bahwa tinggi antusias masyarakat baik yang menyaksikan maupun ikut berpartisipasi membuktikan bahwa masyarakat menggali potensi wisata atau kearifan lokal pada festival tersebut sehingga diharapkan kepada pemerintah untuk lebih banyak memberikan program yang berkaitan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

“Selain potensi keramba-keramba ikan, tetapi penting juga melakuan ivent-invent dengan tujuan memacu masyarakat juga dalam menggali juga potensi dari kehidupan mereka sendiri,” katanya.

Harapan nilai budaya yang terkandung didalam kehidupan masyarakat pesisir tetap terjaga sehingga tak hilang namun lestari hingga generasi berikutnya.

“Pada festival Ajau Sentani,( Phuyakha) digelar berbagai lomba seperti, lomba sumpit ikan/molo, lomba dayung tradisonal dan, lomba balapan speed motor jhonson,” tutupnya.[vito]