Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

Polsek Nimbokrang Patroli Rutin Jarak Pendek

0 364

Jayapura (Sentani News) – Mengingat situasi kejahatan yang sewaktu-waktu bisa terjadi dan sangat sulit ditebak, tim kepolisian Polsek Nimbokrang adakan giat Patroli rutin jarak pendek dengan sasaran Pos-pos ronda guna menjaga situasi kamtibmas.

Sejak 5 september kemarin tim kepolisian sudah mulai gencar patroli yang dimulai pada tengah malam atau pukul 23:30 WIT.

Selain patroli, tim kepolisian juga memastikan memeriksa setiap pos-pos ronda masayarakat apakah ada yang tengah berjaga atau tidak. Disaat patroli malam kemarin, menurut Spk Regu II Bripka Joko Tejo Kusumo, “Masyarakat kampung Benyom Jaya selalu rutin melaksanakan jadwal ronda, seperti dibeberapa pos di Blok C, D dan Blok E.”

Selain kepolisian, tugas menjaga keamanan di setiap kampung merupakan tugas bersama khususnya warga, oleh karena itu Bripka Joko Tejo menghimbau agar warga giat melakukan ronda dimalam hari secara bergiliran.

Menurutnya, sebisa mungkin kita tidak kecolongan karena para pelaku kejahatan akan membaca situasi kapan dan dimana kita melaksanakan giat keliling di rumah-rumah Warg pada jam-jam tertentu saja.

“Situasi keamanan lingkungan di sekitar pemukiman warga setempat, kami serahkan kepada Piket Ronda malam untuk pelaksanaan giat patroli atau berkeliling di sekitar pemukiman warga dan menggunakan pola waktu yang diacak,” Katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kapolsek Nimbokrang Ipda Sugarda, ABT S.Tk.

“Diharapkan petugas ronda malam lebih cerdik dan lebih pandai membaca situasi di sekitar lingkungan tempat tinggalnya,” jelasnya.

Terkait giat patroli rutin kepolisian, saat meminta tanggapan dari warga, mereka banyak yang menaruh apresiasi.

Warga juga berharap, agar kepolisian lebih rutin berpatroli dan melibatkan warga khususnya dalam membimbing dan mengarahkan warganya untuk melaksanakan giat Ronda malam atau Siskamling.

Untuk diketahui, kegiatan patroli rutin ini dilakukan setiap malam yang dimulai pukul 23:30 hingga pukul 00:50 dan selanjutnya diserahkan kepada setiap Pos ronda disetiap RT atau RW yang tengah berjaga.

“Giat Patroli Rutin Anggota Piket Polsek Nimbokrang akan terus dilaksanakan guna menjaga dan memberikan rasa aman kepada Warga yang lagi istirahat malam.”pungkasnya. (Sigit)