Sentani News
Portal Berita Papua, Harian Sentani Terbaru Hari Ini

15 Masjid Dapat Sumbangan Alat untuk Sembelih Hewan Kurban

0 264

SENTANI (Sentani News) – Sekitar 15 mesjid yang tersebar di Kabupaten Jayapura menerima bantuan berupa alat pisau potong, pisau kulit dan pengasahnya dari Pemerintah kabupaten Jayapura dalam hal ini dinas perkebunan dan peternakan kabupaten Jayapura.

“ Bahkan, sarung tangan, lap dan kantong juga ikut diserahkan, dengan tujuan bantuan itu bisa dapat digunakan pada saat menyembelih hewan kurban pada perayaan Idul Adha pada tanggal 1 September mendatang,” kata kepala bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat di dinas peternakan kabupaten Jayapura, Drh. Adorsina Wompere kepada wartawan usai pertemuan di aula lantai 1 kantor bupati Jayapura, Selasa (29/8).

Dikatakannya, Selain itu, 15 pengurus mesjid itu dibekali sosialisasi dengan harapan apa-apa yang diterima dari sosialisasi tersebut bisa diajarkan kepada mesjid lainnya terutama cara memotong hewan kurban dan mengemas daging didalam kantong plastik.

“ Selama ini, daging setelah disembelih dimasukkan kedalam kantong plastik hitam namun sekarang kami memberikan kantong plastik berwarna putih sehingga daging tetap higienis pada saat akan dikonsumsi,” ucapnya.

Untuk bantuan hewan kurban, Pemerintah melalui dinasi peternakan kabupaten Jayapura menyerahkan 4 ekor hewan kurban yang akan disumbangkan kepada beberapa mesjid.

Selain itu, dinas peternakan juga telah mengeluarkan rekomendasi kepada 100 ekor sapi sehingga aman dikonsumsi. Dan dalam pengawasannya, biasanya 1 hari sebelum Idul Adha kita kunjungi mesjid dan lihat bagaimana pemotongan dan bila tak sesuai pemotongan maka direkomendasikan agar tidak dipotong dulu namun itupun seizin ulama setempat dan pada saat pemotongan kami juga hadir pada waktu itu guna mengetahui ada tidaknya cacing hati pada hewan kurban tersebut, ujarnya.

Sementara itu, salah satu Kepala Mesjid Nimbokrang, H.Sutarto mengungkapkan,pihaknya telah menerima sumbangan 6 ekor sapi dan ini akan bertambah pada waktu perayaan Idul Adha dan soal sosialisasi ini sangat bagus sebab dengan ini pemotongan hewan kurban bisa higienis dan aman bagi dikonsumsi,” ungkapnya.[vito